Live Program Jelajah UHF Digital

Produsen Mainan Hasbro Akan PHK 900 Karyawan, Efek Penjualan Mainan Menurun

Produsen mainan terkemuka, Hasbro, mengumumkan rencana untuk memangkas 900 pekerja lagi secara global pada Senin, menandai langkah pengurangan pegawai kedua dalam kurun waktu setahun terakhir. Hampir satu tahun yang lalu, perusahaan ini sudah mengumumkan pemotongan pegawai sebanyak 15%.

Pada bulan Januari tahun ini, Hasbro menyatakan niatnya untuk mengurangi sekitar 1.000 pegawai tetap. Data akhir 2022 menunjukkan bahwa ada sekitar 6.490 pekerja di seluruh dunia, sehingga jumlah pegawai yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) mencapai sekitar 29%, atau setara dengan 1.900 orang.

Dampak dari pengumuman ini juga terlihat pada turunnya saham perusahaan sekitar 6%, sedangkan produsen Barbie, Mattel, juga mengalami penurunan lebih dari 1%.

CEO Hasbro, Chris Cocks, menyampaikan, “Tantangan di pasar yang kami sudah antisipasi sebelumnya terbukti lebih kuat dan lebih persisten dari yang dibayangkan,” dalam email kepada karyawan, seperti dilansir dari Reuters pada Selasa (12/12/2023).

Di tengah upaya konsumen di seluruh dunia untuk mengatasi inflasi yang terus melambung, perusahaan merasa perlu untuk mengurangi belanja, termasuk dalam kategori mainan, dan lebih memusatkan fokus pada pembelian kebutuhan pokok.

Pada bulan Oktober, perusahaan juga telah mengingatkan bahwa musim liburan tampaknya kurang bergairah, menunjukkan indikasi bahwa konsumen akan lebih hemat dan mengurangi aktivitas belanja.

“Hambatan yang kita lihat selama sembilan bulan pertama tahun ini terus berlanjut hingga masa liburan dan kemungkinan akan terus berlanjut hingga tahun 2024,” tambah Cocks.

Hasbro menyatakan bahwa sebagian besar karyawan yang terkena dampak akan diberitahu dalam enam bulan ke depan, sementara sisanya akan diberikan pemberitahuan pada tahun depan. Selain itu, perusahaan juga mengonfirmasi rencananya untuk meninggalkan kantor di Providence, Rhode Island pada akhir masa sewa pada Januari 2025, karena kantor tersebut tidak digunakan secara maksimal.

Hasbro adalah perusahaan mainan Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1923. Perusahaan ini memiliki merek dagang dan produk dari Kenner, Parker Brothers, dan Milton Bradley, di antara yang lain. Beberapa mainan terkenal dari Hasbro antara lain:

  • Monopoli: Permainan papan yang melibatkan pembelian, penyewaan, dan perdagangan properti.
  • Nerf: Seri mainan yang terdiri dari senjata mainan dan bola busa yang aman untuk dimainkan.
  • Transformers: Seri mainan yang melibatkan robot yang dapat berubah menjadi kendaraan atau perangkat lainnya.
  • My Little Pony: Seri mainan yang melibatkan kuda poni kecil dengan warna-warna cerah dan rambut panjang.
  • Play-Doh: Mainan modeling yang terdiri dari adonan yang dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *