Live Program Jelajah UHF Digital

PT PLN (Persero) Siapkan 1.124 SPKLU untuk Dukung Kendaraan Listrik di Masa Mudik Lebaran 1445 H

PT PLN (Persero) telah memastikan kesiapan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik untuk mendukung para pemudik selama masa mudik Lebaran 1445 H. Sebanyak 1.124 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) telah disiapkan di seluruh Indonesia.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menegaskan komitmen PLN dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Menyambut masa mudik Lebaran tahun ini, PLN bersama mitra telah memastikan kesiapan SPKLU untuk melayani para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

“PLN bersama mitra telah menyiapkan total 1.124 unit SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, untuk jalur mudik utama seperti tol Trans Sumatra-Jawa, kami akan menambah 100 unit SPKLU,” ungkapnya.

Prasodjo menjelaskan bahwa PLN telah menempatkan unit SPKLU pada titik-titik utama arus mudik di berbagai pulau di Indonesia. Misalnya, tol Trans Sumatra-Jawa akan didukung oleh total 168 unit SPKLU.

“Kami telah melakukan pemetaan detail terkait penempatan SPKLU. Misalnya, di tol Trans Sumatra-Jawa, jarak antar SPKLU rata-rata sekitar 23 km, cukup aman untuk melayani kendaraan listrik dengan jangkauan rata-rata 300-500 km,” terangnya.

Selama masa siaga, PLN juga telah menyiapkan 3.504 pegawai yang akan siaga 24 jam di SPKLU. Bahkan, ada juga SPKLU mobile yang dapat bergerak untuk melayani pengguna kendaraan listrik di lokasi yang belum terjangkau oleh SPKLU konvensional.

“Selain SPKLU, kami juga menyediakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk kendaraan roda dua. Ada 1.839 unit SPBKLU di seluruh Indonesia yang telah kami sediakan,” tambah Prasodjo.

PLN juga menyiapkan 9.771 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk pengisian daya motor listrik. Informasi rinci mengenai lokasi SPKLU, SPBKLU, dan SPLU dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile.

Untuk mendukung kenyamanan pelanggan, PLN telah menyiapkan Kanal Pengaduan Layanan 24 Jam 7 Hari yang dapat dihubungi melalui Contact Center 123 dan WhatsApp 087771112123.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *