Live Program Jelajah UHF Digital

TNI AL Berhasil Evakuasi Korban Kapal Tenggelam di Perairan Muara Sei

KALTARA – Tim SAR gabungan TNI-Polri dan Basarnas berhasil mengevakuasi ABK Kapal LCT Rimba Raya XV yang tenggelam di perairan Muara Sei Mangaris. Kapal pengangkut tanah dan Batubara itu dilaporkan tenggelam pada Jumat malam kemarin.

Komandan Pangkalan TNI AL Nunukan Letkol Laut (P) Handoyo mengatakan kapal naas itu diketahui berlayar dari Nunukan tujuan Sungai Manggaris Kalimantan Utara.

“Rute kapal itu diketahui dari Nunukan menuju Sungai Manggaris, saat di perairan Muara Sei Manggaris, Nunukan, kapal dilaporkan tenggelam,” katanya melalui keterang tertulis yang diterima Garuda.TV. Selasa (7/11/2023).

Handoyo menjelaskan dalam proses evakuasi 5 orang dalam keadaan selamat dari total 7 ABK kapal jenis Lancing Craft Transport.

Kemudian Tim Sar Gabungan yang didukung oleh penyelam TNI AL dari Mako Lanal Nunukan, Satgas Kopaska dan Satgas Marinir berhasil mengevakuasi korban meninggal dunia 1 ABK pada hari Sabtu (04/11) dan jenazah 1 ABK lainnya pada hari ini Minggu (05/10).

“Dengan demikian seluruh ABK LCT Rimba Raya XV telah berhasil ditemukan,” tegasnya

Handoyo mengungkapkan bahwa pelaksanaan evakuasi dan SAR mengalami kendala dengan konsisi arus yang kencang dan cuaca yang terus berubah, namun berkat kerjasama yang baik dari seluruh instansi yang terlibat evakuasi terhadap ABK yang hilang saat kapal tenggelam berhasil ditemukan.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menuturkan dalam beberapa kesempatan menginstruksikan seluruh jajaran TNI AL agar selalu siaga dan siap dalam merespon kedaruratan di tengah masyarakat untuk melaksanakan aksi secepatnya.

Hal ini merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang juga menjadi Tugas Pokok TNI.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *