Live Program Jelajah UHF Digital

Toto Wolff Perpanjang Kontrak 3 Tahun dengan Tim F1 Mercedes

Toto Wolff telah berbicara tentang energi dan determinasinya menjelang musim F1 2024 saat ia berusaha membawa Mercedes kembali meraih kemenangan setelah menyetujui kontrak baru untuk memimpin tim.

Wolff, yang telah memimpin Silver Arrows sejak 2013, dijadwalkan untuk melanjutkan sebagai Team Principal dan CEO setidaknya selama tiga tahun ke depan – membawanya ke era regulasi F1 berikutnya.

Dalam wawancara luas dengan The Telegraph, Wolff mengkonfirmasi bahwa dia akan tetap tinggal setelah berbicara dengan rekan-rekan pemilik tim, Sir Jim Ratcliffe (Ineos) dan Ola Kallenius (Mercedes-Benz). “Saya pikir yang paling penting antara kami bertiga adalah saling percaya,” komentar Wolff.

“Pada akhirnya, sebagai pemegang saham saya sendiri, saya menginginkan hasil investasi terbaik. Dan hasil investasi terbaik adalah kemenangan. Saya tidak akan mencoba untuk mempertahankan posisi yang menurut saya ada orang yang bisa melakukannya lebih baik dari saya. Saya memastikan memiliki orang-orang di sekitar saya yang bisa memberi tahu saya sebaliknya. Pada akhirnya, kami bertiga memutuskan: ‘Mari kita lakukan lagi’.”

Dia melanjutkan: “Saya adalah bagian dari tim ini dalam berbagai fungsi. Saya adalah co-pemegang saham. Saya ada di dewan. Ini adalah hal-hal yang tidak akan berubah apa pun peran eksekutif atau non-eksekutif yang saya miliki.”

“Tapi saya merasa baik. Risiko bagi saya selalu lebih kepada kebosanan daripada kelelahan. Itu sebabnya saya menyambut tantangan yang kita hadapi saat ini, meskipun terkadang terasa sangat, sangat sulit untuk dikelola.”

Wolff baru-baru ini membandingkan tantangan kembali ke puncak hierarki F1 dan menggulingkan juara dunia bertahan Red Bull dengan mendaki Gunung Everest, mengatakan peluang mereka “melawan segala rintangan”.

Namun, dengan peluncuran mobil dan uji coba sekarang tinggal beberapa saat lagi, dia mengatakan: “Selalu percayalah itu mungkin. Anda tidak bisa memulai musim dengan sikap, ‘Ini tidak akan mungkin’. Kami melihat tahun lalu dengan McLaren, betapa besar langkah yang mereka ambil dengan satu upgrade saja.”

“Kami telah menandatangani kontrak dua tahun dengan Lewis [Hamilton], dan kami berutang kepadanya, kepada George [Russell], dan kepada seluruh tim untuk memberikan perhatian penuh kami pada 2024 dan 2025. Saya pikir itu mungkin.”

Wolff juga membagikan beberapa tanda awal yang menggembirakan dari W15 yang akan segera diungkapkan – setidaknya dalam dunia virtual – setelah berbicara dengan pembalap simulator dan komentator Sky Sports F1, Anthony Davidson.

“Ia sedang mengemudi di Melbourne [di simulator] dan mengatakan, ‘Mobil ini terasa seperti mobil untuk pertama kalinya dalam dua tahun’,” ungkap Wolff, sebelum menyatakan: “Tentu saja saya ingin ini berkorelasi dengan lintasan tetapi kita telah melihat dalam dua tahun terakhir bahwa hal ini tidak selalu terjadi.”

Mercedes berusaha untuk membangun hasil P3 dan P2 berturut-turut di klasemen konstruktor pada tahun 2022 dan 2023, setelah sebelumnya tidak terkalahkan selama delapan tahun melalui era turbo-hybrid.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *