Live Program Jelajah UHF Digital

Imlek 2024 Adalah Tahun Shio Naga Kayu, Ternyata ini Arti dan Karakteristik Uniknya

Jakarta – Sebentar lagi Tahun Baru Imlek 2024 akan tiba. Untuk tahun ini, perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024. Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili Tahun 2024 merupakan tahun Shio Naga, yang secara khusus merupakan tahun Naga Kayu.

Menurut situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), perayaan Imlek tahun ini jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024, dalam kalender Masehi, sebagaimana telah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Menurut kalender China, 2024 adalah tahun shio Naga. Shio ini terjadi setiap 12 tahun. Shio Naga terakhir adalah pada tahun 2012, sehingga tahun berikutnya yang sesuai dengan siklus shio Naga akan jatuh pada tahun 2024. Shio atau zodiak dalam kalender China berarti penting bagi mereka yang mengamini kepercayaan ini, karena diyakini bahwa karakter dan keberuntungan seseorang dipengaruhi oleh shio mereka.

Dikutip dari laman China Embassy, zodiak Tionghoa atau shengxiao menggambarkan rangkaian 12 hewan yang mencerminkan siklus waktu. Shio atau hewan tertentu ditentukan oleh tahun lunar di mana seseorang lahir.

Di antara 12 shio itu, naga adalah hewan kelima dan satu-satunya makhluk mitologi dalam zodiak China. Dalam budaya Tionghoa, naga dipandang sebagai simbol keberuntungan, kekuatan, kesehatan, dan juga dihubungkan dengan unsur laki-laki Yang.

Tahun 2024 akan menjadi periode tahun Naga Kayu yang dimulai pada 10 Februari 2024, yang bertepatan dengan Tahun Baru Imlek, dan berakhir pada 28 Januari 2025. Jika tahun kelahiran Anda adalah 2024, 2012, 2000, 1998, 1976, 1964, atau 1952, maka menurut astrologi China, Anda akan memiliki shio Naga.

 

Imlek 2024 Adalah Tahun Shio Naga Kayu, Ternyata ini Arti dan Karakteristik Uniknya
Melambangkan kekuasaan, kekayaan dan kemakmuran (sumber : istimewa)

Arti Shio Naga Kayu

Shio Naga Kayu atau Wood Dragon diartikan sebagai awal yang baru untuk kesuksesan karena merupakan simbol utama dari kekayaan, kekuasaan, dan kemakmuran dalam budaya Tiongkok. Tahun 2024 menjadi periode bagi shio Naga kayu, juga dikenal sebagai Yang Wood on Dragon atau Jia Chen (甲辰) dalam bahasa Cina. Elemen tetap Naga, yaitu tanah (Wu 戊), mencirikan stabilitas, kejujuran, dan kesetiaan. Sementara itu, Naga Kayu (Jia 甲) melambangkan pertumbuhan, kreativitas, dan fleksibilitas.

Oleh karena itu, diharapkan bahwa shio Naga kayu akan menciptakan masa yang cocok bagi pemimpin visioner, inovator, dan pemecah masalah. Karenanya banyak orang tua yang kemudian memimpikan kelahiran buah hati di tahun shio Naga Kayu ini.

Ciri dan Karakteristik Pribadi Shio Naga

Orang yang lahir dalam tahun ini akan dianggap sebagai “Naga” menurut astrologi China dan akan memiliki karakteristik yang terkait dengan Shio Naga menurut tradisi China. Shio Naga merupakan salah satu Shio terkuat dan paling beruntung dalam Zodiak atau astrologi Cina.

Orang yang memiliki Shio Naga memiliki beberapa sifat dan karakteristik yang unik, antara lain:

  1. Kekuatan dan Keberanian: Shio Naga melambangkan kekuatan dan keberanian. Orang yang memiliki Shio Naga cenderung memiliki energi yang kuat, tekad yang tak tergoyahkan, dan kemampuan untuk mengatasi rintangan dengan keberanian.
  2. Kharismata dan Ambisi: Shio Naga juga dikenal karena karisma yang mereka miliki. Orang dengan Shio Naga memiliki daya tarik yang kuat dan mampu menarik perhatian orang di sekitar mereka. Mereka memiliki kepribadian yang mengagumkan, pesona alami, dan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan kata-kata dan tindakan mereka

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *