Live Program Jelajah UHF Digital

Madrid Akan Gelar Balap F1 dari 2026 Sampai 2035

Spanyol – Formula 1 mengumumkan bahwa Grand Prix Spanyol akan diselenggarakan di Madrid mulai tahun 2026 hingga 2035 setelah mencapai kesepakatan dengan IFEMA MADRID untuk membawa sirkuit baru ke ibu kota Spanyol ini, yang mencakup bagian jalan raya dan non-jalan raya.

Dibangun di sekitar pusat pameran kelas dunia IFEMA, sirkuit sepanjang 5,47km ini – yang akan melalui homologasi FIA dan spesifikasi desain final – akan memiliki 20 tikungan, dengan perkiraan waktu putaran kualifikasi sekitar 1 menit 32 detik.

Diperkirakan dapat menampung lebih dari 110.000 penggemar per hari melalui tribun, tiket umum, dan layanan VIP, sementara ada rencana untuk meningkatkan kapasitas sirkuit menjadi 140.000 per hari selama separuh pertama kesepakatan, menjadikan Madrid sebagai salah satu tempat terbesar dalam kalender F1.

Terletak lima menit dari bandara Adolfo Suarez Madrid-Barajas, Grand Prix Spanyol akan menjadi salah satu balapan paling mudah diakses dalam kalender F1, dengan sirkuit hanya beberapa menit jauhnya dengan menggunakan transportasi umum seperti Metro, kereta, dan jalur kota. Bahkan, diperkirakan bahwa 90% dari penggemar dapat menuju paddock melalui transportasi publik, sementara mereka yang menginap di akomodasi lokal akan berada dalam jarak berjalan kaki dari tempat tersebut.

Selain Grand Prix, aktivasi penggemar akan berlangsung di Pusat Kota Madrid. Akan ada pula keterlibatan dengan bisnis lokal dan sekolah-sekolah untuk memastikan bahwa seluruh komunitas mendapatkan manfaat dari acara ini, yang diharapkan dapat menghasilkan €450 juta yang diproyeksikan untuk ekonomi kota setiap tahunnya.

“Madrid adalah kota yang luar biasa dengan warisan olahraga dan budaya yang luar biasa, dan pengumuman hari ini memulai babak baru yang menarik untuk F1 di Spanyol,” kata Stefano Domenicali, Presiden dan CEO Formula 1.

“Saya ingin berterima kasih kepada tim IFEMA MADRID, Pemerintah Daerah Madrid, dan Walikota kota ini atas penyusunan proposal yang fantastis. Ini benar-benar mencerminkan visi Formula 1 untuk menciptakan spektakel olahraga dan hiburan selama beberapa hari yang memberikan nilai maksimal bagi penggemar dan merangkul inovasi dan keberlanjutan.” Mohammed Ben Sulayem, Presiden FIA, menyatakan: “Mobil Formula 1 modern berlomba di sirkuit baru di ibukota Spanyol, Madrid, adalah prospek yang menarik.”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *