Live Program Jelajah UHF Digital

Patahkan Dominasi Max Verstappen, Lando Norris Cetak Sejarah jadi Juara F1 GP Miami

Florida – Lando Norris dengan brilian berhasil menahan serangan Max Verstappen untuk meraih kemenangan pertamanya yang sudah lama dinanti-nantikan di Grand Prix Miami F1.

Pembalap McLaren itu memanfaatkan Safety Car yang muncul pada waktu yang cukup beruntung untuk merebut posisi terdepan, sebelum berhasil menahan serangan juara dunia bertahan Red Bull itu selama 25 lap terakhir untuk meraih kemenangan perdana yang berkesan.

Hasil Balapan Grand Prix Miami F1 2024 – Putaran 6 Verstappen tampak memimpin pada tahap awal balapan namun balapan secara dramatis berbalik mendukung Norris dan McLaren ketika Kevin Magnussen dan Logan Sargeant mengalami kecelakaan di Lap 29, yang mengakibatkan munculnya Safety Car.

Itu memberi Norris, yang memulai balapan dari posisi kelima tetapi berada di posisi terdepan setelah berlari lebih lama dalam stint pertama daripada pesaing-pesaingnya, kesempatan untuk melakukan pit stop murah dan kembali ke lintasan di depan Verstappen.

Norris berhasil mempertahankan posisi terdepan pada restart dan mengoptimalkan ban keras yang lebih segar untuk menjauh dari Verstappen, yang telah memenangkan empat dari lima balapan pembuka sebelumnya menuju akhir pekan Miami.

Pria berusia 24 tahun asal Britania Raya itu mengontrol tahap terakhir dengan impresif di McLaren yang telah ditingkatkan untuk memastikan kemenangan F1 pertamanya yang memuaskan setelah begitu dekatnya dia meraih kemenangan perdana pada Grand Prix Rusia 2021.

Norris memiliki jumlah podium terbanyak (14) tanpa kemenangan, tetapi dia akhirnya berhasil menyingkirkan rekor tidak diinginkan itu untuk memberikan McLaren hanya kemenangan kedua mereka dalam 12 tahun terakhir, finis lebih dari tujuh setengah detik di depan Verstappen.

“Seharusnya sudah waktunya! Apa balapan yang hebat. Sudah lama menunggunya. Akhirnya saya berhasil melakukannya,” kata Norris. “Saya sangat bahagia untuk seluruh tim saya. Akhirnya saya memberikan hasil untuk mereka. Hari yang panjang, balapan yang sulit. Akhirnya di puncak, jadi saya sangat senang. Seluruh akhir pekan ini berjalan dengan baik. Saya memiliki beberapa setback kecil di sepanjang jalan tetapi saya tahu pada hari Jumat kami memiliki kecepatan.

“Hanya beberapa kesalahan di sana-sini. Hari ini kami berhasil menyatukannya. Kami melakukan strategi yang sempurna dan semuanya terbayar. Terima kasih kepada McLaren, semua orang. Saya akan memberikan teriakan kepada ibu dan ayah saya tentu saja.”

Ini hanya kedua kalinya musim ini Verstappen tidak memenangkan balapan pada tahun 2024, dengan satu-satunya kejadian lainnya adalah ketika dia gagal finis di Australia.

Charles Leclerc menyelesaikan podium di tempat ketiga di depan rekan setim Ferrari Carlos Sainz dan Red Bull kedua dari Sergio Perez, yang berhasil menahan tekanan dari Mercedes Lewis Hamilton untuk finis kelima.

Yuki Tsunoda RB finis ketujuh di depan George Russell Mercedes dan Fernando Alonso Aston Martin, yang naik dari posisi 15 di grid menjadi kesembilan. Esteban Ocon menyelesaikan sepuluh besar untuk memberikan Alpine poin pertamanya dalam musim sulit 2024.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *