Live Program Jelajah UHF Digital

Pembalap Indonesia Fadillah Arbi Aditama jadi Juara JuniorGP seri Catalunya

Seri kelima Finetwork FIM JuniorGP™  berlangsung pada Minggu 16 Juli 2023 di Circuit de Barcelona – Catalunya . Enam balapan melahirkan enam pemenang berbeda, dengan Xabier Zurutuza (MTA Junior Team) dan Fadillah Arbi Aditama (Astra Honda Racing Team) meraih gelar Juara JuniorGP™, sedangkan Xavier Cardelus (Promoracing) dan Unai Orradre (STV Laglisse Racing) meraih kesuksesan di kelas Moto2™ European Championship.

Dalam balapan tunggal di Catalunya, Guido Pini (AC Racing Team) berdiri di tangga teratas dalam European Talent Cup dengan Daniel Muñoz (SP57 Racing Team) melakukan hal yang sama di Kejuaraan Eropa Stock. Keduanya menang setelah beberapa drama di lap terakhir yang luar biasa.

Dilansir dari fimjuniorgp.com, Di JuniorGP™, Xabi Zurutuza yang memimpin kelompok pembalap terdepan muncul untuk meraih kemenangan Race 1 di Barcelona. Ia menunjukkan kehebatannya untuk memimpin lap terakhir dan menahan tekanan dari para pesaingnya hingga melintasi garis finis dan meraih kemenangan kedua dalam musim ini.

Jacob Roulstone (Aspar Junior Team) mengikuti langkah pembalap Spanyol itu di garis finis, sementara pemimpin kejuaraan Angel Piqueras (Team Estrella Galicia 0,0) finis di posisi ketiga.

Terjadi balapan dramatis di kelas JuniorGP yang membuat pembalap Indonesia Fadillah Arbi Aditama meraih kemenangan. Balapan berlangsung ketat di kelompok pembalap terdepan dengan posisi P1 berpindah pada setiap tikungan.

Dua lap menjelang akhir terjadi tabrakan di tengah grup yang melibatkan Alvaro Carpe (STV Laglisse Racing), Eddie O’Shea (British Talent Team), Jacob Roulstone, dan Xabi Zurutuza yang terjatuh di gravel.

Satu setengah lap kemudian, Almansa finis di depan Aditama hanya dengan selisih 0,005 detik, tetapi pembalap Spanyol tersebut dianggap telah melewati pembalap lain di bawah bendera kuning dan harus turun satu posisi menjadi kedua.

Luca Lunetta (AC Raccing Team) finis di posisi ketiga, tetapi seperti Almansa, dia juga mendapatkan hukuman karena pelanggaran yang sama, dengan Joel Esteban (Aspar Junior Team) mendapat keuntungan dari sangsi ini.

Piqueras finis di posisi keenam, tetapi itu tidak cukup untuk meraih gelar, dan perjuangannya akan berlanjut di Aragon setelah jeda musim panas di mana dia akan mempertahankan keunggulan 68 poin.

Di Moto2™, pemimpin kejuaraan Senna Agius (Liqui Moly Husqvarna Intact GP Team) dinyatakan tidak dapat ikut dalam kedua balapan, memberikan kesempatan besar kepada pesaingnya untuk memangkas selisih poin dan Xavi Cardelus melakukannya dengan baik.

Pembalap Andorra itu memulai dari posisi pole dan memimpin sebagian besar balapan, menunjukkan pertahanan yang luar biasa untuk menolak serangan Unai Orradre demi meraih kemenangan, meskipun pembalap STV Laglisse Racing itu berhasil meraih podium debut di kelas tersebut. Alberto Surra (Team Ciatti – Boscoscuro) mengikuti keduanya di garis finis, dan ketiga pembalap tersebut menjadi protagonis utama dalam Race 2.

Orradre berhasil meraih kemenangan dengan cara yang luar biasa di akhir pekan yang bersejarah, sementara Surra finis di posisi kedua, dan Cardelus di posisi ketiga setelah pertarungan sengit tiga arah untuk meraih kemenangan. Cardelus kembali masuk dalam perburuan gelar dan hanya berjarak 20 poin di belakang Agius dalam klasemen.

Ada overtaking dan perubahan di setiap tikungan dalam balapan European Talent Cup di Barcelona. Guido Pini meraih kemenangan, dengan Casey O’Gorman (SuperHugo44 Team) dan Ruche Moodley (Finetwork Mir Junior Team) di podium setelah balapan yang menakjubkan.

Pemimpin kejuaraan Max Quiles (Aspar Junior Team) memulai dari posisi belakang grid, sedangkan rival utamanya Brian Uriarte (Team Estrella Galicia 0,0) memulai dari posisi terdepan.

Namun, Quiles berhasil berada di grup terdepan setelah beberapa lap, sementara Uriarte terjatuh dan mengakhiri usahanya meraih kemenangan. Drama berlanjut hingga lap terakhir, dengan rekan setim Quiles, Dodo Boggio, mencoba manuver berani di Tikungan 10, namun pemain Italia tersebut malah menghilangkan rekan setimnya dan Rico Salmela (Team Estrella Galicia 0,0). Aibatnya, Pini mendapatkan keuntungan besar untuk meraih kemenangan dan masuk ke dalam persaingan gelar saat menuju Aragon.

Menutup jalannya balapan hari itu adalah Stock Eurpean Championship dan pertarungan yang seru hingga akhirnya. Daniel Muñoz meraih kemenangan ketika berhasil mengambil alih kendali di lap-lap akhir.

Eric Fernandez (FAU55 Racing Team) memberikan tekanan dari belakang, bahkan berhasil memimpin pada lap terakhir setelah manuver brilian di Tikungan 10, tetapi Muñoz menunjukkan kehebatannya dengan melakukan overtake seperti Valentino Rossi di tikungan terakhir untuk meraih kemenangan sensasional.

Dino Iozzo (IUM Motorsports) berada bersama dua pembalap teratas dalam perebutan gelar, dan finis di posisi ketiga. Setelah manuver akhir sensasional Muñoz, keunggulannya dalam kejuaraan menjadi 35 poin, dan dengan hanya tersisa 50 poin, ia dapat merebut gelar Stock di Aragon setelah jeda musim panas.

Seri selanjutnya untuk Finetwork FIM JuniorGP™ adalah MotorLand Aragon, yang dijadwalkan pada 8 Oktober.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *