Live Program Jelajah UHF Digital

Respon Kematian Pimpinan Hamas Oleh Israel, Hizbullah Gempur Pangkalan Militer Israel

BEIRUT – Kelompok Hizbullah menembakan puluhan roket ke sebuah pangkalan militer Israel pada Sabtu (6/1/2024). Aksi itu merupakan respon atas kematian wakil pemimpin Hamas Saleh al-Aruri dalam serangan yang diduga didalangi Tel Aviv di Beirut, Lebanon.

“Sebagai bagian dari respons awal terhadap kejahatan pembunuhan pemimpin besar Sheikh Saleh al-Aruri, perlawanan Islamis (Hizbullah-red) menargetkan pangkalan kendali udara Meron dengan 62 jenis rudal yang berbeda-beda,” klaim Hizbullah dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Sabtu (6/1/2024).

Menurut pihak militer Israel. pihaknya mengidentifikasi ada sekira 40 peluncuran roket dari wilayah Lebanon pada Sabtu (6/1) pagi waktu setempat.

Sayangnya, pihak militer negara Zionis itu tidak menjelaskan lebih lanjut apakah roket-roket itu memicu kerusakan atau memakan korban jiwa di Israel.

Militer Israel hanya menyebutkan bahwa paenyerangan peluncuran roket dari Lebanon itu tak lama usai serangan roket menghujani wilayahnya.

Sirene udara dilaporkan berbunyi di kota-kota besar dan beberapa kota kecil di wilayah Israel bagian utara saat serangan roket terjadi. Sirene juga terdengar di area Dataran Tinggi Golan, wilayah Suriah yang diduduki oleh Israel.

Perbatasan Lebanon dan Israel marak dilanda serangan lintas perbatasan, terutama antara Hibzullah — yang didukung Iran dan sekutu Hamas — dengan pasukan militer Israel. Serangan lintas perbatasan itu meningkat sejak perang berkecamuk antara Hamas dan Israel di Jalur Gaza pada awal Oktober tahun lalu.

Kematian Aruri dalam serangan drone yang diduga didalangi Israel di pinggiran Beirut, markas kuat Hizbullah, pada Selasa (2/1) waktu setempat telah memicu kekhawatiran akan eskalasi konflik di kawasan Timur Tengah

Tel Aviv belum secara langsung mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan Aruri. Namun sejumlah pejabat keamanan Lebanon dan seorang pejabat pertahanan AS menyebut serangan drone di Beirut itu memang dilakukan oleh Israel.
Serangan itu menandai serangan pertama kali terhadap ibu kota Lebanon sejak permusuhan meningkat tahun lalu.

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah, dalam pidatonya pada Jumat (5/1) waktu setempat, memperingatkan Israel bahwa kelompoknya akan merespons pembunuhan Aruri dengan cepat “di medan pertempuran”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *