Live Program Jelajah UHF Digital

Amankan Saat Pemungutan Suara, Belasan Ribu Personel Polda Metro Disebar di TPS-TPS

JAKARTA – Sebanyak 11.385 personel Polda Metro Jaya bakal disebar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di wilayah hukumnya. Belasan ribu anggota kepolisian untuk perbantuan tugas untuk pengamanan selama pemungutan dan perhitungan suara.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suyudi mengatakan personel akan disiagakan saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada 14 Februari 2024 nanti.

“Tentunya personil yang akan melaksanakan pengamanan tidak semua mempunyai pengalaman yang cukup dalam melakukan pengamanan Pemilu saat ini,” katanya kepada wartawan, Selasa (30/1/2024).

Suyudi meminta kepada seluruh anggotanya yang ditugaskan di TPS saat pemungutan dan perhitungan suara tidak meremehkan situasi di lapangan.

“Kita juga perlu mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas sebelum, pada saat, dan setelah perhitungan suara dilakukan. Segeralah laporkan setiap perkembangan situasi kepada pimpinan jika terjadi peningkatan eskalasi di lapangan, dan jangan sampai melakukan tindakan yang berlebihan atau excessive power,”jelasnya.

Suyudi juga meminta kepada anggotanya agar menjaga surat dan kotak suara selama proses pemungutan suara berlangsung. Dia juga mengingatkan pentingnya mengecek kesiapan sarana dan prasarana.

Termasuk kendaraan taktis roda dua dan roda empat demi mendukung Operasi Mantap Brata. Manfaatkan kendaraan dan peralatan yang kita miliki. Selanjutnya diingatkan kembali kepada setiap anggota yang melaksanakan penugasan yang nantinya berjaga di setiap lokasi TPS agar menjaga performance dengan baik mulai dari seragam, atribut,” tegasnya.

“Artinya masih ada satu dua anggota yang tidak membawa peralatan lengkap. Namun rata-rata pada umumnya hampir sudah siap melaksanakan tugas. Namun juga ditemukan beberapa yang tidak membawa jas hujan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi menuturkab Polda Metro Jaya mengerahkan 11.385 personel untuk menjaga TPS di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Total jumlah personel Polda Metro Jaya dan polres jajaran yang akan melaksanakan pengamanan TPS itu 11.385. Tadi 4.744 di antaranya diambil apel oleh Bapak Wakapolda Metro Jaya dalam hal ini mewakili Kapolda Metro Jaya,” tutupnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *