Live Program Jelajah UHF Digital

Edarkan Uang Palsu Padangsidimpuan, Pria Gondrong Dihajar Massa

SUMUT– Seorang pria gondrong di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara dihajar massa di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Kayu Ombun, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan. Robinsan Siagian dihajar massa lantaran nekat mengedarkan uang palsu.

Robinsan Siagian diduga menyebarkan uang palsu dengan pecahan nominal Rp100 ribu. Informasi yang tersedia mengindikasikan bahwa insiden ini dipicu oleh kekhawatiran masyarakat atas peredaran uang palsu di lingkungan mereka. Kejadian bermula ketika seorang pria mendatangi pedagang di area Kayu Ombun untuk membeli rokok dengan menggunakan uang palsu sebesar Rp50 ribu.

Warga setempat kemudian menunggu kedatangan pria tersebut yang identitasnya belum diketahui. Lauddin, salah satu korban, menjelaskan kejadian tersebut kepada wartawan, “Malam ini, dia menyuruh anak kelas 3 SD membeli rokok dengan uang pecahan Rp100 ribu. Saya menyadari uangnya palsu, tetapi pura-pura tidak tahu. Saya mengembalikan kembaliannya dan mengikuti anak itu.”

Setelah pencarian yang cukup lama, korban berhasil menemukan pria yang menyuruh anak SD tersebut. Saat melihat kedatangan Lauddin, pria itu berusaha melarikan diri. “Dia sempat berusaha melarikan diri, tetapi anak SD tersebut memastikan bahwa dia orang yang dimaksud. Itu sebabnya saya mengejar,” ungkap Lauddin.

Khawatir pelaku melarikan diri, Lauddin meneriakkan ‘maling’, sehingga warga sekitar ikut mengejar pelaku tersebut.

“Saat kami melakukan pengeledahan, kami menemukan sejumlah uang palsu di tangannya. Ada 27 lembar uang palsu pecahan Rp100 ribu dan 17 lembar pecahan Rp50 ribu. Ini bukan kali pertama dia menyebarkan uang palsu, sudah tiga kali di warung saya dan malam ini,” jelasnya.

Warga yang marah dengan tindakan pelaku mulai memukulinya. Untungnya, aksi kekerasan itu dapat dihindari setelah petugas Polres Padangsidimpuan tiba di lokasi.

“Dia hampir saja menjadi korban pemukulan massa. Kami datang tepat waktu untuk mengamankannya,” kata Lauddin.

Sementara itu, Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Dudung Setiawan, melalui Kasat Reskrim Polres Padangsidimpuan, AKP Maria Marpaung, mengonfirmasi bahwa pelaku telah diamankan dan sedang menjalani pemeriksaan intensif. “Kami telah mengamankan pelaku,” tutupnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *