Live Program UHF Digital

Finis ke 13 di F1 GP Hungaria, Daniel Ricciardo Merasa Nyaman di AlphaTauri

Daniel Ricciardo mengatakan “dia merasa nyaman di mobil” saat dia kembali penuh waktu ke grid dengan AlphaTauri dan finis di posisi ke-13 dalam Grand Prix Hungaria akhir pekan ini – dia juga mengungkapkan pikirannya setelah terlibat dalam serangkaian tabrakan pada lap pembukaan.

Setelah setengah musim berada di pinggir sirkuit sebagai pembalap cadangan untuk Red Bull, Ricciardo diumumkan akan mengemudi untuk AlphaTauri untuk sisa musim, dimulai di Hungaria. Dan dia memulai balapan di posisi ke-13 sebelum balap pertamanya sejak 20 November 2022 di Abu Dhabi.

Namun, saat dia menuju Turn 1, dia ditabrak dari belakang oleh Alfa Romeo milik Zhou Guanyu. Hal ini membuat Ricciardo menabrak bekas rekan setimnya, Esteban Ocon, yang juga pembalap Alpine, dan Pierre Gasly, pembalap AlphaTauri, keluar dari balapan.

Mengenang insiden tersebut, kepada Formula1.com Ricciardo mengatakan: “Itu adalah sambutan yang baik. Saya merasa seperti pertandingan NFL pertama, seseorang akan memberikan tekel besar kepada Anda untuk menyambut Anda di olahraga ini. Jadi, saya kira itu adalah versi dari itu.”

“Tentu saja, itu sangat mengecewakan karena saya langsung berada di posisi yang buruk sejak awal, akibat insiden tersebut. Begitu saya ditabrak, jelas saya tahu saya akan berada di bagian belakang lapangan. Saya langsung merasa kecewa. Tetapi pemikiran berikutnya adalah harap tidak ada kerusakan. Saya perlu menyelesaikan balapan ini, saya perlu belajar mobil ini. Bagi diri saya sendiri juga, terus belajar dan secara fisik, menyelesaikan balapan.”

Mengenai sisa hari Minggu-nya, Ricciardo melanjutkan: “Untungnya, kerusakan mobil sangat kecil, jadi saya bisa melanjutkan balapan. Setelah itu, kami melakukan balapan yang bagus. Saya bisa mengatakan hampir tidak mungkin untuk mendapatkan poin dari posisi belakang lapangan.

“Tetapi saya pikir kami tetap menunjukkan performa yang kuat. Saya merasa nyaman di mobil dan itu adalah sesuatu yang menjadi pertanyaan, setelah tidak balapan selama delapan bulan, terutama di sirkuit yang sulit seperti ini. Jadi, selain Lap 1, Turn 1, ini adalah hari yang bagus.”

AlphaTauri saat ini berada di dasar klasemen konstruktor, hanya berhasil meraih dua poin sejauh ini tahun ini. Ketika ditanya apakah dia merasa bisa bekerja dengan mobil balap mereka untuk sisa musim, Ricciardo menjawab: “Saya merasa nyaman di dalamnya.”

Dia melanjutkan: “Tentu saja, kami beroperasi dengan level cengkeraman sedikit lebih rendah dibandingkan dengan mobil-mobil terdepan. Rasanya cukup seimbang, saya hanya pikir kami perlu mencari beberapa downforce secara keseluruhan.”

“Dan terus berusaha untuk mengembangkannya. Ini akhir pekan pertama saya, saya akan terus belajar seiring berjalannya waktu, tetapi juga berusaha memberikan tim sebanyak mungkin umpan balik.”

Rekan setimnya, Yuki Tsunoda, finis di posisi ke-15 setelah memulai balapan dari posisi ke-17. Mengenang hari Minggunya di Budapest, pembalap Jepang itu mengatakan: “Kami memilih untuk memulai balapan dengan ban kompon lunak hari ini untuk mendapatkan sebanyak mungkin posisi di awal balapan.”

“Startnya bagus, dan saya berhasil mendapatkan beberapa posisi, jadi saya senang dengan penampilan saya. Saya memiliki kecepatan dan berhasil mengelola ban saya dengan baik hari ini, terutama dengan ban kompon lunak, tetapi sayangnya, ini tidak berfungsi dengan baik, jadi bersama dengan tim kami akan melihatnya. Ini memang sayang karena kecepatannya ada.”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *