Live Program UHF Digital

Marco Bezzecchi Juara Sprint MotoGP Belanda

Marco Bezzecchi memenangi sprint MotoGP seri Belanda yang berlangsung di sirkuit Dutch TT Assen pada Sabtu 24 Juni 2023. Marco bersaing ketat dengan Francesco Bagnaia, Bagnaia berhasil finis kedua. Hasil Sprint ini memberi tambahan 9 poin untuk Pecco Bagnaia dan 12 poin untuk Bezzecchi.

Brad Binder mestinya menempati podium ketiga, sayang ia melampaui batas kecepatan di trek saat putaran terakhir sehingga ia kena penalty 3 detik. Karena penalty ini, Binder harus turun ke posisi 5 dan Fabio Quartararo menempati podium 3.

Quartararo menjadi satu-satunya pembalap Yamaha yang ada di 10 teratas karena Franco Morbidelli harus puas finis di posisi 15. Marc Marquez yang kembali berlaga di Assen finis di posisi 17.

Saat konferensi pers marquez telah mengatakan bahwa ia kembali ke Assen tidak dalam 100% fit. Ketika menjalani sesi latihan bebas, Marquez jatuh di tikungan tiga. Akibat kecelakaan ini Marc merasa kesakitan di beberapa bagian tubuhnya.

Kepada jurnalis Marc mengatakan kalau ia sedang berusaha mengejar ketertinggalan. Ia masuk ke tikungan terlalu cepat sehingga tidak bisa mengontrol motor dan jatuh.

Sprint berjumlah 13 putaran. Selepas start, Bagnaia memimpin balapan dengan diikuti Brand Binder dan Bezzecchi. Lap ketiga Bezzecchi lewat Binder untuk posisi dua. Lap kelima Fabio Di Gia jatuh dan keluar dari balapan. Tiga pembalap saat ini adalah Bagnaia, Bezzecchi dan Brad Binder.

Lap keenam Jorge Martin bersiap lewati Fabio Quartararo untuk posisi empat. Namun Aleix Espargaro berhasil membuat martin turun ke posisi 6. Bagnaia masih memimpin balapan terpaut 1,041 detik dengan Bezzecchi.

Fabio Quartararo berusaha dekati Binder buat posisi 3. Luca Marini Nampak kesulitan ketika dilewati Vinales untuk posisi 8. Binder tak menyerah pada Quartararo. Di lap ke 11, Bezzecchi makin mendekati Pecco hingga terpaut waktu 0,534 detik. Jarak waktu maktu Bagnaia makin jauh ketika memasuki lap ke 12.

Bezzecchi tak mampu lagi mengejar Bagnaia dan harus puas finis kedua. Brad Binder melepas podiumnya karena penalty 3 detik akibat melewati batas kecepatan trek. Jarak finis yang tipis dengan Quartararo dan Aleix Espargaro membuat Binder turun ke posisi 5.

Posisi klasemen sementara untuk 10 pembalap teratas setelah Sprint seri Assen Belanda adalah :

  • Francesco Bagnaia 169 poin
  • Jorge Martin 148 poin
  • Marco Bezzecchi 138 poin
  • Johann Zarco 109 poin
  • Brad Binder 101 poin
  • Luca Marini 89 poin
  • Jack Miller 79 poin
  • Fabio Quartararo 64 poin
  • Aleix Espargaro 61 poin
  • Maverick Vinales 56 poin

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *