Live Program Jelajah UHF Digital

Miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe Beli 25 Persen Saham Manchester United

Inggris – Miliarder asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe, setuju untuk membeli 25% saham Manchester United senilai sekitar $1,3 miliar (£1,03 miliar). Ineos Group milik Ratcliffe akan mengambil kendali atas operasi sepak bola.

Pria berusia 71 tahun ini juga akan menyediakan $300 juta (£236 juta) untuk investasi masa depan ke dalam stadion Old Trafford klub tersebut.

Pengumuman ini muncul 13 bulan setelah pemilik klub, keluarga Glazer, menyatakan mereka sedang mempertimbangkan penjualan untuk “mengeksplorasi alternatif strategis”.

Keluarga Amerika tersebut membeli klub ini seharga £790 juta pada tahun 2005.

Satu-satunya pihak yang secara terbuka menyatakan minat, bankir Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, menarik tawarannya untuk membeli 100% saham klub pada bulan Oktober.

Manchester United mengalami kesulitan di lapangan musim ini dan tidak pernah memenangkan Liga Premier sejak tahun 2013, sementara protes terhadap kepemilikan Glazer sering terjadi.

Ratcliffe, yang lahir di Manchester, menjabat sebagai ketua perusahaan petrokimia Ineos dan mengaku sebagai “pendukung seumur hidup klub ini”. Ia mencoba dan gagal untuk membeli Chelsea tahun lalu.

Dalam sebuah pernyataan, ia mengatakan, “Meskipun keberhasilan komersial klub telah memastikan selalu ada dana yang tersedia untuk meraih trofi di level tertinggi, potensi ini belum sepenuhnya terungkap dalam beberapa waktu terakhir.

“Kami akan membawa pengetahuan, keahlian, dan talenta global dari kelompok Ineos Sport yang lebih luas untuk membantu mendorong peningkatan lebih lanjut di klub, sambil juga menyediakan dana yang dimaksudkan untuk memungkinkan investasi masa depan di Old Trafford.

“Kami di sini untuk jangka panjang dan menyadari bahwa banyak tantangan dan kerja keras menanti, yang akan kami hadapi dengan ketegasan, profesionalisme, dan semangat. Kami berkomitmen untuk bekerja dengan semua pihak di klub – dewan, staf, pemain, dan penggemar – untuk membantu mendorong kemajuan klub.

“Ambisi bersama kami jelas: kita semua ingin melihat Manchester United kembali ke tempat yang seharusnya, di puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia.”

Klub menyatakan bahwa kesepakatan ini “tunduk pada persetujuan regulasi kustomary” tetapi “berharap itu akan segera selesai”.

Awalnya, akan ada proses selama enam hingga delapan minggu untuk persetujuan kesepakatan ini, yang termasuk ditandatangani oleh Premier League.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *