Live Program Jelajah UHF Digital

Puluhan Hektar Lahan Kosong di Bengkulu Terbakar

Bengkulu – Kembali terjadi kebakaran lahan di Kota Bengkulu, kali ini melibatkan puluhan hektar lahan kosong di Kelurahan Beringin Raya. Kejadian ini disebabkan oleh kobaran si jago merah yang berhasil melahap sejumlah lahan. Warga sekitar pertama kali mengetahui kejadian ini dan segera melaporkannya kepada petugas pemadam kebakaran Kota Bengkulu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Bengkulu, Yuliansyah, memberikan informasi bahwa luas lahan yang terkena dampak tidak bisa dianggap remeh, dengan perkiraan puluhan hektar yang telah terbakar.

Kompleksitas situasi semakin diperumit dengan adanya deteksi api dari tiga titik yang berbeda, menyebabkan tim pemadam kesulitan mengendalikan dan memadamkan kobaran api.

Yuliansyah menjelaskan bahwa upaya pemadaman masih terus dilakukan hingga saat ini. Kendala muncul karena lahan yang luas dan ditambah dengan tebalnya lapisan gambut, sehingga mempersulit proses pemadaman. Selain itu, titik api yang tersebar di beberapa kawasan juga menjadi tantangan bagi petugas.

“Walaupun api belum sepenuhnya berhasil dipadamkan, tim terus berupaya maksimal untuk mengatasi situasi ini,” ujar Yuliansyah.

Menyadari urgensi pemadaman, tim pemadam bergerak cepat karena lahan yang terbakar berdekatan dengan pemukiman penduduk. Meskipun demikian, penyebab pasti kebakaran masih belum dapat dipastikan hingga saat ini.

Dalam menghadapi situasi ini, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menyalakan api, terutama mengingat kondisi cuaca yang masih panas di Kota Bengkulu saat ini. Imbauan ini sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan yang dapat membahayakan lingkungan dan masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *