Live Program Jelajah UHF Digital

Tentukan Awal Zulhijah, Kemenag Bakal Gelar Sidang Isbat Pekan Depan

JAKARTA – Kementerian Agama akan menyelenggarakan sidang Isbat untuk menentukan awal Zulhijah 1444 H dan tanggal Hari Raya Iduladha 1444 H. Sidang isbat tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Juni mendatang

“Insyaallah, sidang isbat akan dilakukan pada tanggal 18 Juni,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Adib kepada wartawan.

Adib menjelaskan bahwa sidang isbat untuk menentukan awal Zulhijah 1444 H akan dimulai dengan seminar yang akan membahas posisi hilal awal Zulhijah 1444 H.

Setelah itu, Kementerian Agama akan mengadakan Sidang Isbat awal Zulhijah 1444 H.

Pemerintah Indonesia sebelumnya telah menggunakan kriteria imkan rukyat, yaitu penampakan hilal atau bulan sabit tipis, sebagai penanda awal bulan baru.

Kriteria yang digunakan mengacu pada kesepakatan Menteri-menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) dalam menentukan awal bulan hijriah.

Menurut kriteria MABIMS, syarat untuk penampakan bulan baru adalah ketinggian hilal minimal 3º dan elongasi atau sudut antara Bulan dan Matahari minimal 6,4º.

Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, sebuah organisasi Islam, telah menetapkan tanggal Hari Raya Iduladha 1444 H jatuh pada 28 Juni, dengan penetapan tersebut telah dilakukan jauh sebelumnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *