Live Program UHF Digital

Mantan Kiper Manchester United Edwin van der Sar Dirawat Karena Pendarahan Otak

“Edwin van der Sar tetap dirawat di unit perawatan intensif namun bisa berkomunikasi dan “tidak dalam bahaya yang mengancam nyawa”, demikian disampaikan Annemarie van der Sar, istrinya.

Mantan kiper Manchester United dan Timnas Belanda itu dilarikan ke rumah sakit di Kroasia pada Jumat lalu setelah mengalami pendarahan di sekitar otak.

Annemarie van der Sar mengatakan dalam pernyataan yang dikeluarkan melalui klub Belanda Ajax: “Edwin masih berada di unit perawatan intensif, tapi kondisinya stabil. Dia tidak dalam bahaya yang mengancam nyawa. Setiap kali kami mengunjunginya, dia bisa berkomunikasi. Kami harus sabar menunggu perkembangan situasinya.”

Van der Sar, yang berusia 52 tahun, sedang berlibur di Kroasia ketika dilaporkan mengalami pendarahan otak. Manchester United mengirimkan pesan dukungan untuk mantan kiper mereka, dengan mengirim tweet: “Kami mengirimkan seluruh cinta dan kekuatan kami untukmu, Edwin.”

Fulham, di mana Van der Sar menghabiskan empat tahun sebelum bergabung dengan United, juga mengirim tweet: “Semua di Fulham Football Club berharap Edwin segera pulih. Kami memikirkanmu.”

Ditulis oleh Skysports, Asosiasi Pemain Sepak Bola Profesional juga mengirimkan tweet: “Pikiran semua orang di PFA bersama Edwin dan keluarganya.”

Van der Sar memenangkan Liga Premier empat kali selama enam tahun di United, serta Liga Champions pada tahun 2008, yang juga dia raih ketika bermain di Ajax. Setelah pensiun, dia kembali ke Ajax di mana dia menjabat sebagai chief executive pada tahun 2016 tetapi meninggalkan jabatan tersebut pada akhir musim lalu.

Setelah musim yang mengecewakan, dengan klub finis di peringkat ketiga Eredivise dan gagal lolos ke Liga Champions, Van der Sar mengumumkan dia akan mundur dari peran tersebut setelah hampir 11 tahun menjadi anggota dewan klub.

“Saya merasa perlu menjaga jarak, beristirahat, dan melakukan hal-hal lain,” katanya di Twitter pada akhir Mei. “Tidak terasa baik untuk membuat keputusan tentang masa depan klub yang luar biasa ini dalam periode yang akan datang. Itulah sebabnya saya memutuskan untuk mengundurkan diri.”

Setelah lebih dari 200 penampilan untuk Ajax dan kesuksesan di tingkat Eropa sebagai bagian dari tim Louis van Gaal, kiper Belanda itu pindah ke Juventus sebelum bergabung dengan Fulham pada tahun 2001.

Pindah ke Old Trafford empat tahun kemudian, Van der Sar juga memenangkan Piala Liga dua kali dan Piala Dunia Antarklub FIFA 2008. Namun, United menderita kekalahan dari Barcelona baik dalam final Liga Champions 2009 maupun di Wembley pada tahun 2011, setelah itu Van der Sar pensiun.

Van der Sar telah bermain sebanyak 130 kali untuk Timnas Belanda dan pada suatu waktu menjadi pemain dengan caps terbanyak di negaranya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *